Kembali
×
Di Kota Tangerang Ada Peri (untuk) Lansia
21 Juli 2022 08:17 WIB

Geriatri.id - Pemerintah Kota Tangerang menyiapkan ratusan “peri” yang ditugasi khusus untuk mendampingi warga dari kalangan lanjut usia (lansia).

Sedikitnya sudah ada 280 kader yang telah dilatih oleh 38 puskesmas yang ada di Kota Tangerang untuk menjadi “Peri Lansia”, atau kependekan dari Pendamping Risiko Tinggi Lanjut Usia.

Program tersebut diluncurkan oleh Dinas Kesehatan Kota Tangerang dalam acara puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional yang diadakan di Puspem Kota Tangerang, Selasa (19/7/2022) lalu.

Menurut Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraini, para kader Peri Lansia telah dilatih untuk merawat lansia khususnya yang yang memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitas karena menderita penyakit kronis. Dengan kata lain, program ini bertujuan agar setiap lansia memiliki pendamping yang mampu merawat kesehatan lansia sehari-hari.

"Dinas Kesehatan dan Puskesmas terus mengupayakan agar semua lansia di Kota Tangerang tetap menjadi lansia yang Sumringah, yaitu Semua Mandiri, Bugar dan Bahagia,” ujar Dini seperti dikutip dari laman resmi Dinkes Kota Tangerang.

Baca juga:

Mulai Bermunculan, Sekolah dan Pesantren untuk Lansia

Sekolah untuk Lansia, karena Belajar Tak Mengenal Usia

Wisata Religi, Aktivitas Positif untuk Lansia

 

Pada acara tersebut Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah menegaskan bahwa lansia harus sehat dan bahagia. Jalan-jalan atau rekreasi di tempat-tempat wisata kota, juga berolahraga, harus dilakoni oleh para warga senior.

"Sekali lagi saya mengajak kepada para senior semuanya yang hadir di sini untuk selalu menjaga kesehatan, jangan malas untuk memeriksakan diri jika dirasa ada yang sakit. Kota Tangerang ini tidak kekurangan rumah sakit, puskesmas juga banyak, klinik pun banyak,” tutur Arief.

"Selain itu kita juga ada posyandu lansia, puskesmas santun lansia, dan juga aplikasi Kompak Sumringah yang dapat memantau kesehatan baik untuk usia produktif maupun lansia,” tambah dia.

===

Video Lansia Online Geriatri TV

 

Artikel Lainnya
Artikel
07 Agustus 2022 19:12 Wib
Artikel
29 Juli 2022 09:06 Wib
Tags
berita lansia
peri lansia
lansia sehat
lansia bahagia
kabar lansia
geriatri
program lansia
indonesia ramah lansia