Kembali
×
Eropa Mulai Sarankan Lansia Divaksin Booster Kedua
13 Juli 2022 07:24 WIB

Geriatri.id - Kembali meningkatnya kasus harian Covid-19 membuat badan kesehatan Uni Eropa mengeluarkan rekomendasi terbaru, yakni pemberian booster kedua khusus untuk orang lanjut usia di atas 60 tahun dan kelompok rentan lainnya.

"Kami saat ini melihat peningkatan tingkat pemberitahuan kasus COVID-19 dan tren peningkatan penerimaan dan hunian rumah sakit dan ICU di beberapa negara, terutama didorong oleh sub silsilah BA 5 dari Omicron (varian virus corona)," ujar Andrea Ammon, direktur Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC), seperti dikutip Reuters, Senin (11/7/2022).

Pada April lalu vaksin penguat (booster) kedua sudah mulai disarankan khususnya untuk kelompok rentan dan lansia di atas umur 80 tahun. Dan kini, saran tersebut diperluas kepada orang-orang yang telah melewati usia 60 tahun.

Salah satu negara yang langsung merespons rekomendasi terbaru Uni Eropa tersebut adalah Italia. Menurut Menteri Kesehatan Roberto Speranza, pihaknya akan segera memulai program vaksinasi booster kedua tersebut, merujuk pada meningkatnya situasi Covid-19 di negara tersebut, khususnya lagi di bulan Juli ini. Minggu lalu angka harian infeksi menembus 100.000, dan itu adalah yang tertinggi sejak bulan Februari.

Otoritas Spanyol juga dilaporkan akan langsung memulai vaksinasi tersebut, sebagai upaya memperbaiki rapor buruk penanganan mereka terhadap lansia. Pada bulan Februari 2022 badan amnesti internasional merilis data bahwa 35 ribu kasus kematian karena infeksi Covid-19 terjadi di rumah-rumah jompo.

Bagaimana situasi Covid-19 di Indonesia saat ini?

Sejak pertengahan Juni 2022 kasus harian mulai kembali menyentuh angka seribu, setelah di bawah itu selama April-Mei. Walaupun relatif belum tinggi, namun grafiknya hingga kini menunjukkan pergerakan naik. Hari Selasa (12/7) kemarin, misalnya, terjadi 3.361 kasus terkonfirmasi baru, atau yang tertinggi sejak bulan Maret.

Dalam hal vaksinasi, hingga kini baru 52 juta penduduk yang telah divaksin dosis lengkap, termasuk booster, atau 25% dari sasaran. Khusus untuk kalangan lansia, baru sekitar 5 juta yang telah menerima tiga dosis vaksin, atau masih jauh dibanding dosis pertama (18 juta) dan dosis kedua (14 juta). Demikian data dari Kementerian Kesehatan RI.

===

Video Lansia Online

 

Artikel Lainnya
Artikel
07 Agustus 2022 19:12 Wib
Artikel
29 Juli 2022 09:06 Wib
Artikel
21 Juli 2022 08:17 Wib
Tags
covid 19
covid-19
lansia sehat
vaksinasi lansia
geriatri
booster lansia
merawat lansia