Kembali
×
Ya Tuhan, Sekelompok Remaja Tanggung di AS Aniaya Lansia Hingga Meninggal
10 Juli 2022 16:40 WIB

Geriatri.id - “Di mana orangtua mereka?” Itulah respons yang sedang menggaung di Amerika Serikat setelah sekelompok remaja tanggung menganiaya seorang lansia hingga meninggal dunia.

Kejadian itu sebenarnya sudah terjadi sekitar sebulan lalu, namun pihak kepolisian Philadelphia baru merilis video penganiayaan tersebut pada Jumat (8/7/2022) kemarin. Boleh jadi, video yang isinya “sangat mengganggu” itu terpaksa dipublikasikan karena hingga kini polisi belum berhasil menemukan para pelaku kejahatan tersebut.

Plus, mereka mengiming-imingi hadiah yang sangat besar, yaitu uang senilai 20 ribu dolar AS, atau sekitar Rp 300 juta, bagi siapa saja yang membantu petugas untuk menunjukkan keberadaan geng remaja tersebut.

Pria berusia 73 tahun bernama James Lambert, meninggal dunia di rumah sakit karena luka-luka di bagian kepala, sehari setelah diserang tujuh remaja pada 14 Juni lalu, di kawasan Jalan Cecil B. Moore, Philadelphia, sekitar pukul 3 dinihari waktu setempat. Dari ketujuh pelaku, tiga di antaranya berjenis kelamin perempuan, empat lainnya laki-laki – dan semuanya tampak jelas masih berusia belasan tahun, atau masih di bawah umur.

Dari video yang ditayangkan, tidak jelas apa penyebab mereka langsung menyerang Lambert. Seorang pelaku tampak menghantamkan kerucut  pembatas jalan (cone), ke kepala korban, yang membuatnya tersungkur di trotoar. Meski berhasil bangkit dan mencoba menjauh, namun Lambert kembali dihantam dengan cone, kali itu oleh yang perempuan.

Ironisnya -- dan ini sungguh bikin geram -- beberapa pelaku terlihat sangat santai dan tertawa-tawa saat melakukan aksi brutalnya itu, kepada seorang lansia yang belakangan diketahui sudah memiliki tiga cucu tersebut.

Menurut keterangan pihak keluarga, beberapa jam sebelum peristiwa itu terjadi, Lambert mendatangi rumah kakaknya untuk makan malam. Namun tidak diketahui alasan kenapa Lambert datang selarut itu.

“Anak-anak ini harus menyerahkan diri. Orangtua mereka juga. Ada yang sangat salah ketika anak-anak ada di jalanan jam 2 pagi, memukuli dan membunuh seorang tua,” ujar Tnia Stephens, keponakan korban, seperti dikutip dari laman nypost.com.

Peristiwa ini tak pelak mengundang kemarahan warga setempat. Salah satu aspek penting yang mendapat sorotan di media-media sosial adalah peran para orangtua terhadap anak-anaknya.

“Mulailah meminta pertanggungjawaban para orangtua. Anak-anak tidak dilahirkan seperti ini – mereka dibesarkan dengan cara ini …” tulis pemilik akun @garcia4432003 dalam perbincangan bebas di twitter.

“Orangtua (simbol tertawa). Ini terjadi pada jam 3 pagi. Mereka bukan orangtua,” timpal yang lain.

“Sepakat. Mungkin ini bisa membantu krisis parenting kita saat ini di negeri ini.”

“Terjadi bulan lalu, mereka punya video yang luar biasa, tidak ada yang ditangkap. Anak-anak akan lolos sepenuhnya dengan pembunuhan acak. Masyarakat runtuh.”

Duh.

Artikel Lainnya
Artikel
07 Agustus 2022 19:12 Wib
Artikel
29 Juli 2022 09:06 Wib
Artikel
21 Juli 2022 08:17 Wib
Tags
berita lansia
kisah lansia
kejahatan pada lansia
kekerasan terhadap lansia
geriatri