Mulai Bermunculan, Sekolah dan Pesantren untuk Lansia

Geriatri.id- Kabar baik untuk warga lanjut usia. Sebagai alternatif berkegiatan, sejumlah daerah dketahui mulai membangun program edukasi untuk lansia, mulai dari sekolah sampai pesanten.

Pemerintah Kabupaten Malang, misalnya, hari Rabu (16/3/2022) kemarin meluncurkan program Sekolah Lansia Tangguh, yang rencananya akan diikuti sekitar 100 siswa dari kalangan lansia.

Saat meluncurkan program tersebut, Bupati Malang M. Sanusi mengatakan, Sekolah Lansia Tangguh ini dibentuk dengan tujuan agar para lansia di daerahnya mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru, serta tetap memiliki motivasi dan semangat untuk menjalani masa tuanya dengan sehat dan bahagia.

Sekolah Lansia Tangguh di Kabupaten Malang ini merupakan pendidikan nonformal, dimulai Maret hingga Oktober mendatang, dalam bentuk kegiatan belajar mengajar di tempat-tempat yang telah ditentukan, yakni di kecamatan Singosari, Dau, dan Sumberpucung.

Sebelumnya, program serupa juga diluncurkan pemerintah Kota Pasuruan, Jawa Timur, yang akan digelar selama 6 bulan dengan 12 kali pertemuan di empat kecamatan, dengan diikuti 160 peserta lansia. (Baca selengkapnya di sini)

Pesantren Lansia Mulai nge-Tren

Selain itu, saat ini juga mulai bermunculan pesantren-pesantren untuk lansia. Di Kabupaten Sleman, misalnya, pada hari Selasa (15/3/2022) lalu, diresmikan peletakan batu pertama pembangunan pondok pesantren lansia Ma’rifatullah oleh Bupati Kustini Sri Purnomo.

Pondok pesantren tersebut dibangun oleh Yayasan Kiwari, di atas lahan wakaf seluas 1.852 meter persegi, di desa Sendangmulyo kecamatan Kapanewon Minggir.

“Pesantren Lansia adalah tempat beraktivitasnya para insan lansia dengan mengisi hari tuanya dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengabdi kepada Allah SWT.

Harapannya adalah ingin menggapai kebahagiaan di akhirat,” ujar Kustini, seperti dilansir dari laman resmi pemkab Malang.

Ia juga mengatakan bahwa Pesantren lansia memiliki peranan yang besar dalam menciptakan kemandirian dan membimbing para santri lansia dalam meningkatkan kualitas hidup, terutama dalam memanfaatkan waktunya untuk belajar dan mengamalkan ajaran agama.

Pantauan Geriatri.id, saat ini mulai banyak website maupun akun media sosial “pesantren lansia”. Salah satunya adalah Pesantren Kasepuhan Raden Rahmat yang berpusat di Desa Gedong, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Halaman: