Kembali
×
Kisah Inspiratif, Imam Suhardjo Raih Doktor di Usia 73 Tahun
11 Januari 2022 09:33 WIB

Geriatri.id - Usia bukan menjadi halangan bagi Imam Suhardjo HM untuk melanjutkan pendidikan. Dia meraih gelar Doktor pada Program Doktor Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Unpad) di usianya yang ke-73 tahun. 

“Saya punya obsesi melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya. Waktu ketika masih muda belum sempat karena berbagai kesibukan, dan baru bisa terlaksana ketika sudah tua,” ujar Imam.

Dilansir unpad.ac.id, Imam tercatat sebagai mahasiswa Doktor Fikom Unpad sejak 2016 atau ketika berusia 68 tahun. Gelar Magister Komunikasinya baru diraih Imam pada usia 66 tahun. Imam meraih predikat sebagai wisudawan paling senior secara usia pada Wisuda Gelombang I Unpad Tahun Akademik 2021/2022, 4 November 2021.

Meski usianya tak lagi muda, Imam justru menjadikannya sebagai motivasi bagi anak, cucu maupun juniornya untuk bisa mencapai setinggi-tingginya. Apalagi ketika usia dan waktu masih sangat cukup untuk melanjutkan studi.

Lima tahun kuliah, Imam mengaku tidak memiliki kendala berarti. Dia mampu menyelesaikan studinya dengan baik. Jarak yang harus ditempuh dari kediamannya di Bekasi untuk berkuliah di Jatinangor bukan menjadi hambatan.

Salah satu hambatan yang dihadapi Imam adalah ketika sedang menyusun disertasi di masa pandemi COVID-19 di 2020. Bahkan, dia sempat terkena COVID pada Desember 2020, beberapa saat setelah penelitian disertasinya selesai dilakukan.

“Sempat kena Covid dan penulisan disertasi terhenti. Namun, alhamdulillah, akhirnya bisa selesai juga,” ungkapnya.

Imam mengingatkan kepada para juniornya untuk jangan putus asa, sehebat apa pun kendalanya. 

“Jangan putus asa menggapai ilmu. Buktinya saya bisa lulus meski di usia tua,” katanya.

Video Lansia:

Bila Lansia Sakit, Begini Cara Tepat Merawatnya

LANSIA ONLINE, Kelas Kesehatan dari Rumah

3 Kunci Sukses Agar Lansia Sehat, Apa Saja?

Menjadi Lansia Sehat dan Bahagia Tanpa Kerentaan

Segudang aktivitas

Sedari muda, Imam merupakan sosok yang tidak pernah mau diam mulai dari mengajar, menjadi redaktur pelaksana di sebuah penerbitan, aktif di partai politik, hingga menjadi anggota legislatif di DPR. Saat menjadi mahasiswa Doktor Ilmu Komunikasi Unpad, Imam masih menjabat sebagai Ketua Komisi I Bidang Penyensoran, Dialog, Komunikasi, dan Data Lembaga Sensor Film.

“Ketika 2020 saya pensiun, barulah bisa menyelesaikan S-3 saya,” kata Imam.

Ketika selesai meraih gelar Doktor, dia masih memiliki keinginan untuk mengabdi sebagai dosen. Namun, kendala usia menyebabkan keinginannya untuk menjadi dosen sulit terpenuhi. Padahal, sebelum menjadi anggota legislatif, Imam tercatat sebagai dosen di beberapa perguruan tinggi di Jakarta.

“Sebagai pengajar, saya terhenti saat saya masuk ke DPR. Sekarang ketika sudah tidak jadi anggota, saya sulit menjadi dosen lagi karena terkendala usia,” katanya.

Komunikasi ilmu penting

Politik menjadi salah satu aktivitas yang disukainya. Hal ini pula yang mendorong Imam untuk mengambil studi komunikasi pada jenjang magister maupun doktor. Pada program Doktor Ilmu Komunikasi Unpad, Imam mengambil spesifikasi pada komunikasi politik.

“Banyak informasi penting tidak tersampaikan dengan benar, sehingga menjadi berita simpang siur, hingga akhirnya menyebabkan terjadinya konflik,” jelas Imam.

Usai meraih gelar Doktor, dia bersama koleganya akan membuat sekolah politik. Sekolah ini untuk menyiapkan kader menjadi calon anggota legislatif periode 2024 mendatang.

“Mungkin ilmu yang saya dapatkan dari Unpad ada manfaatnya di sekolah politik ini,” pungkasnya.***

Foto: Imam Suhardjo HM.(Humas Unpad)

Video Lansia:

 

Artikel Lainnya
Tags
lansia
lansia sehat
lansia bahagia
lansia online
berita lansia
merawat lansia
geratri
lansia inspiratif