Kembali
×
Lansia Didahulukan, Vaksinasi Booster Diharapkan Mulai Januari 2022
31 Desember 2021 21:41 WIB

Geriatri.id - Pemerintah berharap pemberian booster atau dosis ketiga vaksin COVID-19 bisa dimulai pada 12 Januari 2022. Untuk tahap awal, target pemberian booster adalah kelompok lanjut usia (lansia), peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan maupun non-PBI. 
 
"Kita upayakan bisa sesegera mungkin karena masih menunggu selesainya kajian ilmiah. Pemerintah berharap Januari nanti tanggal 12 akan dimulai vaksinasi booster, lansia yang didahulukan.” ujar Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) Airlangga Hartarto saat mengunjungi sentra vaksinasi anak di SDN Kemanggisan 05 Pagi, Jakarta Barat, 31 Desember 2021. 

Dia mengatakan pihaknya masih menunggu petunjuk teknis mengenai tempat pelaksanaan vaksinasi maupun jenis vaksin yang akan digunakan. 

Vaksinasi menjadi salah satu upaya pemerintah dalam menguatkan imunitas masyarakat. Sebagai salah satu upaya mendorong percepatan vaksinasi, pemerintah telah memperluas vaksinasi bagi kelompok anak-anak usia 6-11 tahun.

Berita lainnya:

3 Kunci Sukses Agar Lansia Sehat, Apa Saja?

Menjadi Lansia Sehat dan Bahagia Tanpa Kerentaan

Bila Orang Tua Sakit, Begini Cara Tepat Merawatnya

Kelompok anak-anak usia 6-11 tahun termasuk kelompok rentan terhadap serangan COVID-19. Sekitar 10-12 persen populasi yang pernah terkena COVID-19 berada di rentang usia itu. Saat ini, Indonesia dan seluruh negara di dunia tengah mewaspadai munculnya varian Omicron.

“Ditargetkan pada kuartal pertama, vaksinasi anak-anak bisa diselesaikan. Vaksinasi anak-anak menjadi penting karena kita ketahui anak-anak termasuk golongan yang rentan dan sering bertemu dengan kakek-neneknya yang juga termasuk golongan rentan,” kata Airlangga.

Hingga 30 Desember 2021 pukul 18.00 WIB, tercatat telah dilakukan vaksinasi dosis 1 kepada 160,28 juta penduduk atau 76,96% dari target vaksinasi, vaksinasi dosis 2 kepada 113,27 juta penduduk atau 54,39% dari target vaksinasi, dan vaksinasi dosis 3 telah diberikan kepada 1,29 juta penduduk atau 87,75% dari target vaksinasi.

Vaksinasi untuk seluruh masyarakat menjadi langkah penting yang terus didorong dan diakselerasi oleh Pemerintah. Mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi termasuk kepada anak-anak juga diharapkan akan mendorong tercapainya herd immunity.

Akselerasi vaksinasi ini juga diharapkan dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka dalam memenuhi hak anak-anak untuk mendapatkan pendidikan yang lebih berkualitas demi masa depannya.(asp)***

Foto: Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) Airlangga Hartarto.(Humas Kemenko Perekonomian)

Video Lansia:

 

Artikel Lainnya
Tags
lansia
lansia sehat
lansia bahagia
lansia online
berita lansia
geriatri
merawat lansia