Kembali
×
Temu Ilmiah Geriatri 2021 Bahas Lansia Secara Komprehensif
03 September 2021 20:14 WIB

Geriatri.id--Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia cabang Jakarta (Pergemi Jaya) kembali menggelar Temu Ilmiah Geriatri (TIG) pada 25-26 September dan 2-3 Oktober 2021.

Temu ilmiah yang berlangsung secara virtual ini mengusung tema “Comprehensive Geriatric Management in New Era”.  Selain simposium, acara ini juga menggelar lomba e-poster dan workshop pelatihan layanan geriatri.

“Saya kira tema ini sangat penting dan baik untuk terus-menerus didengungkan tentang comprehensive geriatric management in new era. Karena sejatinya lansia pada umumnya memiliki masalah kesehatan, multi komorbiditas,” kata Ketua PB Pergemi, Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD-KGer, M.Epid, FINASIM.

Prof Ati mengatakan, lebih dari 40 persen lansia memiliki masalah kesehatan yang multiple. Tah hanya kesehatan fisik, oma oma juga menghadapi persoalan seperi psikologis dan sosial. “Semuanya ikut mewarnai lansia sehingga asesmen sampai penangannya tidak bisa segmental. Harus menyeluruh,” kata Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Temu Ilmiah Geriatri (TIG) merupakan kegiatan tahunan yang digelar Pergemi sejak 2016. Pada pertemuan ilmiah ini para ahli geriatri akan membahas secara mendalam berbagai isu kesehatan  kelanjutusiaan terkini. Peserta dapat mendaftarkan di https://s.id/DaftarTIG2021.

Ketua penyelenggara TIG 2021, dr. Noto Dwimartutie, Sp.PD-KGER, mengatakan simposium ini akan mengangkat berbagai masalah kesehatan lansia terkini, tantangan, dan tata laksananya secara komprehensif holistik dan multidimensi pada adaptasi kebiasaan baru Covid-19. “Acara ini diharapkan dapat  memperkaya wawasan dan pemahaman serta meningkatkan pelayanan kesehatan bagi lansia di Indonesia,” kata dr Noto.

Beberapa topik dalam simposium itu antara lain: Impact of COVID-19 in older adults and beyond, Updates of degenerative disease management in elderly, Comprehensive approach & management in older adults with osteoarthritis, Nutritional support in COVID-19 management, dan Managing inanition in  older adult

Ada juga Malnutrition as geriatric syndrome: Current Approaches, Comprehensive management in common problems in older adults, Hyponatremia in elderly : from pathogenesis to comprehensive management, dan Postural instability and falls in the elderly.

Selain simposium, acara Temu Ilmiah Geriatri ini juga akan menampilkan lomba abstrak/e-poster. Ada tiga kategori lomba, yaitu Laporan kasus, laporan penelitian, laporan kasus berbasis bukti/EBCR. Lomba ini dapat diikuti Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Dokter umum, serta Staf/Program Pendidikan Dokter Spesialis.

Batas akhir pengumpulan e-Poster pada 20 September 2021. Tiga poster terbaik dalam masing-masing kategori akan dipresentasikan dalam simposium TIG secara daring. Penentuan juara akan diumumkan di hari terakhir TIG 2021.

Adapun pelatihan membuat layanan geriatri di rumah sakit terdiri dibagi menjadi tingkat dasar dan lanjut. Pelatihan tingkat dasar berlangsung pada 25-30 September 2021 dan tingkat lanjut pada 5-7 Oktober 2021.

Informasi mengenai Temu Ilmiah Geriatri (TIG) 2021 bisa dilihat melalui laman https://pergemi.id, Instagram @pergemi.official @id_geriatri. Narahubung : Cici 0812-9968-8803 (Pergemi Jaya), Hilman: 0811-1379-101 (Geriatri.id).

Artikel Lainnya
Artikel
16 Agustus 2021 13:57 Wib
Artikel
11 Agustus 2021 05:54 Wib
Tags
Pergemi
Temu Ilmiah Geriatri
TIG2021
Prof Ati
Prof. Dr. dr. Siti Setiati
dr. Noto Dwimartutie