Kembali
×
Kemenkes: Lansia Dengan Komorbid Bisa Divaksinasi
16 Agustus 2021 13:57 WIB

Geriatri.id - Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid., mengatakan, orang lanjut usia (lansia), termasuk dalam kelompok usia yang perlu mendapat vaksin COVID-19. Dia menegaskan, lansia dengan komorbid (penyakit penyerta) pun, tetap dapat menjalani vaksinasi. 

Saat ini, kata Nadia, banyak hoaks yang membuat lansia berpikir,  individu dengan komorbid tidak bisa divaksin. "Vaksin sudah dirancang untuk yang memiliki komorbid. Kita tahhu vaksin ini ditujukan untuk virus penyebab COVID-19 dan virus ini berisiko dialami orang dengan komorbid," ujar Nadia dalam diskusi interaktif virtual belum lama ini.

Hanya saja, dia menekankan, lansia dengan komorbid, sebelum menjalani vaksinasi harus dikontrol kondisi kesehatannya. Pada lansia dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi misalnya, vaksinasi tetap bisa diberikan jika tekanan darah berada di bawah 180/110 MmHg.

"Pengukuran tekanan darah sebaiknya dilakukan sebelum di meja skrining, kata Nadia.

Sementara bagi kelompok komorbid dengan diabetes, vaksinasi bisa diberikan sepanjang kondisi stabil dan belum ada komplikasi akut. "Atau kalau punya penyakit jantung dia tidak sedang sesak, keringat dingin, tidak ada serangan maka vaksinasi tetap bisa diberikan," jelas Nadia.

Nadia menegaskan, vaksinasi sangat penting bagi lansia, karena pada lansia, sistem daya tahan tubuh yang tidak sekuat dan secepat orang muda dalam melawan virus. Terlebih jika lansia tersebut memiliki komorbid.

"Lansia perlu divaksinasi untuk membantu melatih sistem imun supaya lebih cepat, siap, tanggap, kalau nanti betul-betul terkena COVID-19," ujar Nadia.

Sementara itu, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Tingkat Pusat dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan, setiap orang, tak hanya lansia, perlu memahami kondisi dirinya. "Saat kondisi sehat, maka individu boleh-boleh saja divaksin," ujarnya.

Geriatri.id

foto: Ilustrasi vaksinasi covid lansia (wikimedia)

Artikel Lainnya
Artikel
11 Agustus 2021 05:54 Wib
Tags
lansia
lansia sehat
merawat lansia
geriatri
vaksinasi covid 19