Kembali
×
Menonton Tayangan Olahraga Kurangi Risiko Depresi pada Lansia
02 Agustus 2021 22:58 WIB

Geriatri.id - Musim olimpiade, tayangan liga-liga sepakbola Eropa, turnamen bulu tangkis, dan olahraga lainnya, boleh jadi bakal menjadi kabar yang menyenangkan bagi para lansia. Apalagi bagi lansia yang menggemari menonton tayangan olahraga. Terlebih menurut sebuah studi, ternyata menonton tayangan olahraga bisa bermanfaat positif lho buat opa-oma.

Studi yang dilakukan para peneliti dari Universitas Tsukuba dan lembaga lainnya yang tergabung dalam Studi Evaluasi Gerontologis Jepang (JAGES), membuktikan, menonton tayangan olahraga mengurangi risiko depresi pada lansia, terlepas dari apakah mereka berolahraga atau tidak. Studi itu mengungkapkan, semakin sering lansia menonton olahraga, semakin baik hasilnya.

"Menonton olahraga adalah kesempatan untuk merasa bersemangat dengan cara yang santai," kata Taishi Tsuji, asisten profesor ilmu olahraga di Universitas Tsukuba, seperti dikutip www.nature.com.

"Ada kemungkinan untuk membantu mencegah orang tua mengembangkan depresi jika kita memanfaatkan hasil penelitian ini," tambahnya.

Pada tahun 2019, para peneliti mengirim kuesioner kepada orang berusia 65 tahun atau lebih yang tinggal di 60 kota besar, kecil dan desa di seluruh Jepang. Ini dilakukan untuk menganalisis tanggapan dari sekitar 21.000 orang.

Para peserta ditanya apakah mereka menonton olahraga profesional, klub olahraga lokal, atletik, dan pertandingan pendahuluan Kejuaraan Bisbol Sekolah Menengah Nasional.

Tingkat depresi mereka diukur melalui serangkaian 15 pertanyaan yang dikembangkan khusus untuk orang tua. Pertanyaan termasuk apakah mereka puas dengan kehidupan sehari-hari mereka dan apakah mereka merasa putus asa.

Dibandingkan dengan responden yang tidak menonton olahraga apa pun, mereka yang menonton pertandingan beberapa kali dalam setahun memiliki kemungkinan 0,70 kali lebih kecil untuk mengalami gejala depresi. 

Mereka yang menonton satu hingga tiga kali sebulan memiliki kemungkinan 0,66 kali lebih kecil. Tidak ada perbedaan yang signifikan bagi mereka yang menonton olahraga minimal seminggu sekali.

"Mungkin saja sebagian orang yang mengunjungi lokasi (untuk menonton olahraga) minimal seminggu sekali melakukannya karena kewajiban atau karena ada masalah hubungan dengan anggota keluarga, bukan karena kesenangan semata,” salah satu dari mereka," kata para peneliti.

Risiko terus menurun seiring dengan meningkatnya frekuensi menonton olahraga di TV atau online. Mereka yang menonton olahraga beberapa kali dalam setahun memiliki kemungkinan 0,86 kali lebih kecil untuk mengalami gejala depresi.

Sementara mereka yang menonton satu hingga tiga kali sebulan memiliki kemungkinan 0,79 kali lebih kecil. Pemirsa yang menonton sekali atau lebih dalam seminggu memiliki kemungkinan 0,71 kali lebih kecil.

Tim juga bertanya kepada peserta tentang keterikatan dan kepercayaan mereka pada lingkungan mereka, serta seberapa sering mereka bertemu dengan teman dan berapa banyak yang akan mereka temui.

Terlepas dari bagaimana mereka menonton olahraga, mereka yang cenderung memiliki keterikatan dengan lingkungan mereka dan memiliki lebih banyak teman dibandingkan dengan mereka yang tidak menonton olahraga.

Faktor-faktor ini adalah kunci dalam mengurangi risiko depresi, menurut tim peneliti. "Hanya menonton (olahraga) terbukti efektif. Kami ingin menggunakan temuan itu untuk meningkatkan kesehatan mental," kata salah satu anggota tim peneliti.

Geriatri.id
foto: ilustrasi menonton tayangan olahraga (piqsels)

Artikel Lainnya
Artikel
27 Maret 2024 20:00 Wib