Kembali
×
Faktor Komorbid, Banyak Lansia Terhambat Laksanakan Vaksinasi
19 Juli 2021 15:06 WIB

Geriatri.id - Faktor komorbid atau penyakit penyerta selain penyakit utama, menjadi kendala bagi lansia untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Hal tersebut disampaikan beberapa kepala daerah dalam sebuah acara diskusi secara virtual, pada Minggu (18/07/2021).

Wali Kota Bogor Bima Arya mengungkapkan, di Kota Bogor, faktor komorbid menjadi kendala bagi banyak lansia untuk bisa mendapatkan vaksinasi. "Di Kota Bogor, dari sekitar 800 ribu, kita sudah capai 27 persen. Semua progresif, kecuali lansia, karena memang banyak komorbidnya. Jadi agak stagnan di angka 50 persen," paparnya.

Senada dengan Bima, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak mengungkapkan, penyakit penyerta atau komorbid pada lansia membuat mereka jadi berpikir ulang untuk menerima vaksinasi.

"Kendalanya bukan willingnes, tapi kondisi komorbid ini sudah banyak yang tahu. Tahu punya hipertensi, punya diabetes, punya asma segala macam,' ujarnya. 

Dengan adanya komorbid, kata Emil, para lansia mengukur kekuatan tubuh mereka sebelum menerima vaksinasi. Di sisi lain, tidak ada jawaban jelas ketika lansia berniat menjalani vaksinasi.

Selain itu, banyak lansia yang belum menerima vaksin karena beranggapan mereka kerap berada di rumah. Meski demikian, Emil menegaskan, lansia tetap harus mendapat vaksinasi karena masih berisiko terpapar virus corona dari anggota keluarga yang masih sering keluar rumah untuk bekerja.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengakui, di DKI faktor komorbid juga menjadi kendala dalam memacu angka vaksinasi bagi lansia. Widya mengungkapkan, capaian vaksinasi lansia mentok di angka 68-70 persen.

"Karena lansia dengan berbagai komorbid, penyakit-penyakit generatif, sehingga kehati-hatian jadi penting bagi keluarga untuk melindungi lansia," ungkapnya.

Hingga Minggu (18/07/2021), pemerintah melaporkan, jumlah warga yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 telah mencapai 16,27 juta jiwa atau 7,81 persen dari total target vaksinasi. Sementara itu, jumlah warga yang sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama sebanyak 41,67 juta orang atau 20,01 persen.

Untuk lansia, 21,55 juta lansia telah menerima vaksinasi Covid-19. Untuk lansia yang menjalani vaksinasi dosis pertama tercatat mencapai 5,22 juta orang (24,26 persen). Kemudian, 3,22 juta (14,95 persen) orang lansia, telah disuntik vaksin Covid-19 dosis kedua.

Geriatri.id

Foto: Ilustrasi vaksinasi Covid-19 (pixabay)

Artikel Lainnya
Tags
lansia
lansia sehat
merawat lansia
geriatri
vaksinasi covid 19
covid 19
vaksinasi lansia