Kembali
×
Tips Lansia Menjalankan Ibadah Haji dengan Lancar
08 Agustus 2019 22:16 WIB

Geriatri.id - Sekitar 60 persen jemaah Indonesia yang meninaikan ibadah haji pada 2019 masuk golongan berusia di atas 65 tahun (lansia), Dari jumlah itu, 54 persennya adalah jemaah perempuan.
 
Dalam menjalankan ibadah haji di Tanah Suci, dibutuhkan fisik yang kuat. Karena itu, jemaah haji lansia perlu melakukan persiapan sehingga bisa melalui setiap tahapan dengan lancar. 

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Oscar Primadi,  dalam keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu  mengatakan, untuk menjadi lansia yang sehat, mandiri, aktif, produktif dan bisa melaksanakan ibadah haji perlu persiapan sejak masih berada di tanah air. 

Caranya dengan meningkatkan kesabaran dan berfikir positif serta menjalin hubungan harmonis dengan keluarga, teman dan lingkungan. Selain itu, calon jemaah haji harus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dimulai sebelum berangkat ke Tanah Suci. 

Berikut tips bagi lansia agar sukses dalam menjalankan ibadah haji: 

Pertama, biasakan melakukan aktivitas fisik ringan selama 30 menit sehari dan senam lansia secara rutin. 

Kedua, konsumsi sayur dan buah setiap hari dan makan makanan yang kaya kalsium. 

Ketiga, memeriksakan kesehatan secara rutin di pos pelayanan terpadu (posyandu) lansia atau pos pembinaan terpadu (posbindu) dan ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) jika ada keluhan kesehatan.

Keempat, kembangkan hobi sesuai kemampuan dan terus lakukan kegiatan yang mengasah otak.

Foto:Kemenag
 

Artikel Lainnya
Artikel
27 Maret 2024 20:00 Wib