Kembali
×
Hindari Penularan Covid-19, Lansia dan Anak-Anak Dilarang Hadiri Pemotongan Hewan Kurban
19 Juli 2021 00:14 WIB

Geriatri.id - Satgas Penanganan Covid-19 melarang para lansia dan anak-anak untuk datang ke lokasi pemotongan hewan kurban. Pelarangan ini dilakukan demi menghindarkan lansia dan anak-anak dari risiko penularan Covid-19. 

"Lansia, komorbid jangan ikut acara-acara) seperti ini sangat berbahaya,"  kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, di acara webinar 'Relawan Berperan', Minggu (18/07/2021).

Wiku mengatakan, lokasi pemotongan hewan kurban akan menimbulkan kerumunan, sehingga untuk menghindarkan terjadinya kerumunan, anak-anak dan lansia diminta untuk tidak hadir. 

"Anak-anak juga tidak usah melihat apa pemotongan hewan. Supaya tidak terjadi kerumunan ya, jadi ini betul-betul di tegaskan," tegas Wiku.

Dia juga meningatkan agar panitia kurban tidak lalai untuk membersihkan diri ketika pulang ke rumah, agar tidak menulari orang tua di rumah.

"Kalau nanti kembali ke rumah pastikan bersih diri. Supaya tidak menulari orang yang di rumah yang relatif usianya lebih lanjut ya," ujar Wiku.

Terkait pemotongan hewan kurban, pemerintah melalui Kementerian Agama telah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 tahun 2021 tentang ketentuan penyembelihan hewan kurban saat hari Raya Idul Adha. Kemenag juga telah menerbitkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 16 tahun 2021 yang berisi petunjuk teknis terkait hal tersebut.

Beleid itu mengatur, wilayah yang masuk zona hijau Covid-19 dan tidak masuk wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, diminta melakukan pemotongan hewan kurban di Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPHR).

Kemudian apabila RPHR setempat penuh, tidak cukup mampu melayani, atau belum ada RPHR, maka bisa dilaksanakan secara mandiri oleh masyarakat atau jemaah.

Dalam aturan itu juga ditegaskan, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, pencacahan, pengemasan dan seterusnya harus dijalankan dengan mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan secara ketat. 

Untuk pembagian hewan kurban yang sudah dikemas tidak dilakukan dengan cara membagikan kupon ke masyarakat. Panitia diminta menyiapkan relawan untuk membagikan hewan kurban itu kepada warga yang berhak secara langsung. 

(Geriatri.id)

foto: ilustrasi hewan kurban (pixabay)

Artikel Lainnya
Tags
lansia
merawat lansia
geriatri
lansia sehat
kurban
covid 19